Pembinaan Literasi Anak berbasis Masjid di Desa Buntu Batu

Authors

  • Muh. Yamin Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.59110/rcsd.174

Keywords:

Buntu Batu, Pengabdian Masyarakat, Anak, Literasi

Abstract

Rendahnya tingkat literasi masyarakat indonesia harus menjadi perhatian khusus semua pihak dimana penguatan literasi harus dilakukan sedini mungkin terutama pada anak-anak yang merupakan calon penerus bangsa. Pengabdian ini dilakukan menggunakan pendekatan Asset Based Comunity Development (ABCD). Metode ABCD merupakan metode yang bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan yang ada dalam masyarakat sebagai sarana pengembangan berkelanjutan yang memuat proses untuk melihat potensi apa saja yang dimiliki masyarakat. Pengabdian ini dilaksanakan di Desa Buntu Batu Kecematan Basse sangtempe Kabupaten Luwu. Tujuan dari kegiatan pegabdian ini adalah untuk meningkatkan gairah literasi anak.  Secara garis besar ada tiga agenda utama dalam kegiatan pengabdian ini yakni pojok baca, diskusi ceria dan menulis sekitar.

References

Asril. (2023). Akibat Yang Timbul Dari Rendahnya Budaya Literasi Masyarakat Indonesia. https://www.gurusiana.id/read/asrilssosi/article/akibat-yang-timbul-dari-rendahnya-budaya-literasi-masyarakat-indonesia-5408197.

Cahya, Anisa Nilam et al. (2022). Penguatan Literasi Anak di Desa Kuala Sempang Kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau 2(1): 13–21.

Fitrianto, Achmad Room., Khoirunnisa, Athifa W. Fitri., & Lailatul Amaliyah. (2020). Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Pemeliharaan Bendungan Gondrok Sebuah Aksi Partisipatorif dalam Memelihara Irigasi Pertanian di Desa Bedohon, Jiwan, Madiun. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2(2).

McLachlan, Claire J., & Alison W. Arrow. (2017). Promoting the Predictors of Literacy in Early Childhood Settings: An Analysis of Two Studies in Low Ses Settings. In International Perspectives on Early Childhood Education and Development,.

Noratuddini., & Rizky Andana Pohan. (2021). Pemberdayaan Aset Daun Sirih dan Kain Bekas dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Desa Alue Dua di Masa Pandemi Covid-19. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1).

PEMKAB LUWU. (2023). Daftar Desa. https://portal.luwukab.go.id/blog/page/daftar-desa.

Riyanti, Chika., & Raharjo, Santoso Tri. (2021). Asset Based Community Development dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR).” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 3(1).

Rosyida, Ida. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Literasi Teknologi di Pesantren. Jurnal Health Sains 1(6).

Sutarno NS. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Utami, Larasati. (2021). Tingkat Literasi Indonesia Di Dunia Rendah, Ranking 62 dari 70 Negara. Perpustakaan Kemendagri.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Yamin, M. (2023). Pembinaan Literasi Anak berbasis Masjid di Desa Buntu Batu. Room of Civil Society Development, 2(3), 101–105. https://doi.org/10.59110/rcsd.174
| Abstract views: 121 / PDF downloads: 46