Pemanfaatan Baglog Jamur Tiram Menjadi Pupuk Organik di Rumah Kebugaran Difabel Gumregah Arogorejo Bantul

Authors

  • Andrea Nindya Yudhita Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Sepya Indah Wulandari Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Dimas Hadi Wicaksono Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Martinus Yohanes Leaj Deona Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rendra Abdillah Panjaitan Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Wahab Fitra Iga Prakoso Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59110/rcsd.173

Keywords:

Baglog Jamur Tiram, Komunitas Difabel, Pupuk Organik

Abstract

Komunitas Difabel Gumregah memiliki bisnis budidaya jamur tiram akan tetapi limbah yang dihasilkan belum dimanfatakan dengan baik. Sehingga, tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan kepada komunitas tersebut upaya memanfaatkan limbah (baglog) jamur tiram menjadi pupuk organic. Kegiatan ini dilakukan melalui tahap perencanaan hingga pelaksanaan di Rumah Kebugaran Difabel yang merupakan sekretariat komunitas tersebut. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa komposisi terbaik pengolahan baglog jamur tiram untuk menjadi media tanam yaitu untuk 5 kg baglog jamur tiram memerlukan 12,5 pupuk kendang, dan 25 kg tanah gempur. Setelah semua bahan dicampurkan maka dapat langsung di masukkan dalam polybag untuk dijadikan media tanam. Jika bibit ditanam dalam olahan baglog jamur tiram dengan tetap dirawat dan disiram maka proses tumbuhnya bibit tersebut dapat lebih cepat. Kegiatan pemanfaatan baglog jamur tiram ini telah memenuhi indikator keberhasilan program karena dari baglog jamur yang ada sudah dapat dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, media tanam yang telah dibuat dari pemanfaatan baglog jamur tiram ini telah ditanam bibit-bibit yang dimanfatakan oleh teman-teman difabel di Komunitas Difabel Gumregah, Sedayu Bantul Yogyakarta.

Author Biographies

Andrea Nindya Yudhita, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Psikologi, Fakultas Psikologi

Sepya Indah Wulandari, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dimas Hadi Wicaksono, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia

Martinus Yohanes Leaj Deona, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia

Rendra Abdillah Panjaitan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Informatika, Fakultas Teknologi Informasi

Wahab Fitra Iga Prakoso, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Ilmu Keolahragaan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Alqamari, M., Kabeakan, N. T. M. B., & Yusuf, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Dari Limbah Baglog Untuk Peningkatan Pendapatan Pada Kelompok Tani Jamur Tiram Di Kelurahan Medan Denai Kecamatan Medan Denai. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 73-81.

Fatoni, N., Imanuddin, R., & Darmawan, A. R. (2017). Pendayagunaan sampah menjadi produk kerajinan. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 17(1), 83-96.

Hunaepi, H., Dharawibawa, I. D., Asy’ari, M., Samsuri, T., & Mirawati, B. (2018). Pengolahan limbah baglog jamur tiram menjadi pupuk organik komersil. Jurnal SOLMA, 7(2), 277-288.

Jumini, S., Nisa, T. N., Mawadah, A., Masruroh, A. L., Ihfad, M., & Sulistyo, A. R. (2021). Pendampingan budidaya potensi lokal dalam mewujudkan ketahanan pangan di era pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 306-314.

Marliani, N. (2015). Pemanfaatan limbah rumah tangga (sampah anorganik) sebagai bentuk implementasi dari pendidikan lingkungan hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).

Riyadi, S. (2016). Reiventing Bank Sampah: Optimalisasi Nilai Ekonomis Limbah Berbasis Pengelolaan Komunal Terintegrasi. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 7(2).

Suryani, T., & Carolina, H. (2017). Pertumbuhan dan hasil jamur tiram putih pada beberapa bahan media pembibitan. Bioeksperimen: Jurnal Penelitian Biologi, 3(1), 73-86.

Susilo, H., Rikardo, R., & Suyamto, S. (2017). Pemanfaatan limbah serbuk gergaji sebagai media budidaya jamur tiram (Pleourotus ostreatus L.). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 51-56.

Sutarman, S., Rochdiani, D., & Hardiyanto, T. (2017). Analisis Usaha Agroindustri Baglog Jamur Tiram. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 2(1), 49-54.

Toding, C., Lumenta, A. S., & Mamahit, D. J. (2017). Pembuatan animasi 3 dimensi perbedaan sampah organik dan anorganik untuk anak-anak. Jurnal Teknik Informatika, 12(1).

Zulfarina, Z., Suryawati, E., Yustina, Y., Putra, R. A., & Taufik, H. (2019). Budidaya jamur tiram dan olahannya untuk kemandirian masyarakat desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(3), 358-370.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Yudhita, A. N., Wulandari, S. I., Wicaksono, D. H., Deona, M. Y. L., Panjaitan, R. A., & Prakoso, W. F. I. (2023). Pemanfaatan Baglog Jamur Tiram Menjadi Pupuk Organik di Rumah Kebugaran Difabel Gumregah Arogorejo Bantul. Room of Civil Society Development, 2(3), 84–92. https://doi.org/10.59110/rcsd.173
| Abstract views: 159 / PDF downloads: 51