Meningkatkan Nilai Tambah Komoditas Ikan Laut Non Ekonomi Menjadi Makanan Pempek Palembang Khas Sulawesi Tenggara

Authors

  • Bahtiar Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Purnama
  • La Ode Muhammad Junaidin Sirza Universitas Muhammadiyah Buton
  • Salwiyah Universitas Halu Oleo
  • Arman Pariakan Universitas Sembilanbelas November
  • Haslianti Universitas Halu Oleo
  • Yustika Intan Permata Hati Universitas Halu Oleo
  • Ermayanti Ishak Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.59110/rcsd.53

Keywords:

Empek-Empek, Ibu Rumah Tangga Nelayan, Ikan Laut Ekonomis

Abstract

Diversifikasi komoditas perikanan non ekonomi merupakan inovasi penting di bidang pengolahan hasil perikanan yang secara signifikan dapat meningkatkan pendapatan keluarga nelayan. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 23-25 Agustus 2019 di Desa Puasana, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. Pelaksanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat yang bertajuk Pengolahan Hasil Perikanan (Mpek Mpek Ikan Laut Non Ekonomis) ini memiliki beberapa tujuan yaitu: 1) Mendukung program pembangunan desa pesisir, dan 2) Meningkatkan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga nelayan dalam mengolah hasil laut menjadi bahan pangan varian baru. Cara yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi yaitu pembekalan pengetahuan tentang teknik pembuatan masakan ikan yang higienis dan ramah lingkungan, selain itu juga diberikan pelatihan tentang cara pengemasan produk yang benar dan cara memasarkannya. dia. Dengan beberapa metode yang diperkenalkan diharapkan mampu memberikan kontribusi sosial yaitu membuka wawasan dan cara berpikir ibu-ibu rumah tangga nelayan untuk memanfaatkan bahan baku hasil laut seefektif mungkin dan menciptakan lapangan pekerjaan di Desa Puasana dan kemampuan ibu rumah tangga nelayan untuk berwirausaha secara mandiri yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga dan membantu pembangunan desa pesisir.

References

Herman & Willy Joetra. (2015). Pengaruh Garama Dapur (NaCl) Terhadap Kembang Susut Tanah Lempung. Jurnal Momentum. Vol, 17 No. 1 Hal 693-752.

Hayati, Ari & Sugito. (2006). Penambahan Daging Ikan Gabus (Ophicepallus Stianus Bukr) Dan Aplikasi Pembekuan Pada Pembuatan Pempek Gluten. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. Vol 8, No. 2 Hal 147-151.

Hernawan, Udhi Eko & Ahmad Dwi Setyawan. (2003). Senyawa Organosulphure Bawang Putih (Allium Sativum L.) dan Aktivitaas Biologinya. Jurnal Biologi. Vol 1, No. 2 Hal 65-76.

Kalukiningrum. (2012). Bahan Tambahan Pangan. Kanisius. Yogyakarta. Kamarijani. 1983. Perencanaan Unit Pengolahan. Fakuktas Teknologi Pertanian UGM. Yogyakarta.

Tarwojo, Soejati. (2004). Dasar-Dasar Gizi Kuliner. Gramedia Pustaka. Jakarta

Talib, A., & Marlena, T. (2015). Karakteristik organoleptik dan kimia produk empek-empek ikan cakalang. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 8(1), 50-59.

Winarno, F. G. (2004). Kimia Pangan dan Gizi Jakarta. PT Gramedia Pustaka, Jakarta www. kompas. co. id, 64.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Bahtiar, Purnama, M., Sirza, L. O. M. J., Salwiyah, Pariakan, A. ., Haslianti, Permata Hati, Y. I. ., & Ishak, E. . (2022). Meningkatkan Nilai Tambah Komoditas Ikan Laut Non Ekonomi Menjadi Makanan Pempek Palembang Khas Sulawesi Tenggara. Room of Civil Society Development, 1(6), 181–187. https://doi.org/10.59110/rcsd.53
| Abstract views: 218 / PDF downloads: 71