Aksi Pembersihan Pantai dan Transplantasi Karang di Pulau Bokori, Kabupaten Konawe-Sulawesi Tenggara

Authors

  • Muhammad Fajar Purnama Universitas Halu Oleo
  • Bahtiar Universitas Halu Oleo
  • LM. Junaidin Sirza Universitas Muhammadiyah Buton
  • Salwiyah Universitas Halu Oleo
  • A. Ginong Pratikino Universitas Halu Oleo
  • Haslianti Universitas Halu Oleo
  • Yustika Intan Permata Hati Universitas Halu Oleo
  • Ermayanti Ishak Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.59110/rcsd.51

Keywords:

Konservasi, Layanan Pesisir, Membersihkan Pantai, Transplantasi Karang

Abstract

Aksi bersih pantai dan transplantasi karang di Pulau Bokori ini merupakan rangkaian kegiatan dari Dinas Bulanan BKIPM - KKP (Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Perikanan - Kementerian Kelautan dan Perikanan). Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama bulan April 2019, bertempat di Pulau Bokori, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pesisir di sekitar Pulau Bokori tentang dampak negatif kegiatan sampah laut dan rehabilitasi terumbu karang yang telah rusak akibat penambangan dengan cara yang sederhana, mudah dilaksanakan dan relatif murah. Sekitar 180 orang terlibat dalam kegiatan tersebut. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo (FPIK – UHO) menjadi salah satu mitra dalam kegiatan tersebut. Aksi pantai bersih difokuskan pada pengumpulan sampah plastik baik di darat maupun di dasar laut. Hal ini merupakan bentuk komitmen tanggung jawab BKIPM dan FPIK UHO dalam menjaga keindahan bawah laut. Selain itu, kegiatan transplantasi karang juga dilakukan. Sekitar 1.800 spesimen karang dari berbagai spesies ditanam dengan metode transplantasi karang. Pembersihan pantai dan penanaman karang akan dilaksanakan pada tanggal 19 April 2019. Selanjutnya monitoring dan evaluasi keberhasilan hidup dan tumbuh karang akan dilakukan di pantai setiap bulan selama 1 tahun ke depan, sebagai bentuk perlindungan terhadap unit transplantasi yang telah telah ditempatkan secara permanen di bawah laut Pulau Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe.

References

Azis, A.M., Kamal, M.M., Zamani, N.P., Subhan, B., 2011. Coral Settelment on Concrate Artificial Reef in Pramuka Island waters, Kepulauan Seribu , Jakarta and Management Option. Jurnal of Indonesian Coral Reefs, 1(1): 55-64.

Johan, O., Bengen, D.G., Zamani, N.P.,Suharsono. 2012. Distribution and Abundance of Black Band Disease on Corals Montipora sp in Seribu Islands, Jakarta. Journal of Indonesia Coral Reefs, 1(3): 160-170

Manik RTHK, Makainas, I, Sembel A. 2016. Sistem Pengelolaan Sampah di Pulau Bunaken. Laporan Hasil Penelitian. Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota. Universitas Sam Ratulanggi. Manado

Sahwan FL. 2004. Strategi Pengelolaan Sampah di Kawasan Kepulauan Seribu. Jurnal Teknologi Lingkungan P3TL-BPPT, 5(1): 12-16

Soedharma D, Arafat D. 2006. Perkembangan Transplantasi Karang di Indonesia. Soedharma D, M. F. Rahardjo, Ferinaldy, Sri Eko Susilawati, Dondy Arafat (Ed). Prosiding Seminar Transplantasi. Bogor, 8 September 2005. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. IPB. Bogor.

Subhan, B., Soedharma, D., Madduppa, H., Arafat, D., He ptarina, D. 2008. Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Karang jenis Euphyllia sp, Plerogyra sinuosadan Cynarina lacrymalis yang ditransplantasikan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian-penelitian Kelautan dan Perikanan, (hlm 59-61), 8 November 2008. Universitas Brawijaya.

Subhan B, Madduppa H, Arafat D, Soedharma D. 2014. Bisakah Transplantasi Karang Perbaiki Ekosistem Terumbu Karang?. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan, 1(3): 159-164.

Suharsono. 2002. Sampah di Kepulauan Seribu di dalam : Tata Laut, Tertib Darat, Panduan Mengurangi Limbah Darat Untuk Melindungi Laut. UNESCO. Jakarta.

Zamani, N.P., Subhan, B., Madduppa, H., Bachtiar, R., Destianto, M., Maulina T., 2009. Pengaruh Biorock terhadap Keragaman dan Kelimpahan Ikan Karang di Tanjung Lesung, Banten. Prosiding Simposium Nasional Terumbu Karang II.Program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang CORMAP II. (hlm 158-163), 19-20 November 2008. Direktorat Jenderal Kelautan dan Pulau-pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan.

Madduppa, H.M., Subhan, B., Bachtiar R., Ismet, M.S., Budikartini, Y., Bria, M.D. 2008. Prospek Terumbu Buatan Biorock dalam Peningkatan Sumberdaya Ikan di Kepulauan Seribu. Prosiding Munas Terumbu Karang 2007, Prog. Rehabilitasi Terumbu Karang COREMAP II, (hlm 68-76), 10-11 September 2007 Departemen Kelautan dan Perikanan.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Purnama, M. F., Bahtiar, Sirza, L. J. ., Salwiyah, Pratikino, A. G. ., Haslianti, Permata Hati, Y. I. ., & Ishak, E. . (2022). Aksi Pembersihan Pantai dan Transplantasi Karang di Pulau Bokori, Kabupaten Konawe-Sulawesi Tenggara. Room of Civil Society Development, 1(6), 174–180. https://doi.org/10.59110/rcsd.51
| Abstract views: 183 / PDF downloads: 93